Tanda-tanda Kulit Mengalami Penuaan Dini

Ada Empat Tanda-tanda Kulit Mengalami Penuaan Dini

penuaan dini pada kulit

Tidak ada yang tidak mungkin bagi seorang wanita meskipun baru berusia 20- atau 30-an untuk mengalami penuaan dini pada kulitnya. Selain terpaan langusng sinar matahari, polusi udara dan tingkat stress tinggi juga menjadi faktor serius dalam  penuaan dini terhadap kulit.

Ada faktor lain yang mempengaruhi seperti minuman beralkohol, merokok ataupun program diet yang tidak baik juga bisa mempengaruhi kerusakan pada kulit. akibatnya kulit akan mengalami kehilangan keindahan dan akan terlihat tanda-tanda fisik penuaan dini. Berikut ini cirri-ciri dari penuaan dini pada kulit yang perlu anda ketahui.

1. Kulit Keriput
Kulit adalah tanda yang paling jelas terlihat ketika mengalami keriput. Kulit keriput biasanya muncul karena terapaan sinar matahari dan merokok juga bisa sebagai penyebabnya demikian menurut penjelasan dari Akademi Dermatologi Amerika. DNA pada kulit akan rusak sampai ke membran sel jika terjadi terpaan radikal bebas. Penyebab kulit kendur dan hilangnya elastisitas karena rusaknya kolagen dan elastin, protein yang berguna bagi kesehatan dan keindahan kulit. Ada juga faktor keturunan dan ras seseorang itu mengalami kulit keriput.

2. Noda kehitaman
Munculnya noda kehitaman atau disebut juga dengan age spot yang lebih gelap dari kulit sekitarnya. Menurut Institut Kesehatan Nasional, Age spot biasanya ditemukan pada orang yang berumur 40 tahun ke atas karena telah banyak menghabiskan waktunya mengalami terpaan sinar matahari. Noda kehitaman ini biasanya terlihat pada bagian tangan, lengan, dahi, wajah, dan bahu.

3. Tekstur kulit kasar
Tekstur kulit menjadi kasar juga merupakan tanda kulit mengalami penuaan dini. Terpaan sinar matahari secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada kolagen dan elastin. Elastin akan menjadikan kulit tetap kencang dan fleksibel sedangkan kolagen bermanfaat menjaga kekuatan dan elastisitas kulit. Kulit akan tampak kering dan kasar jika terlalu banyak berada di bawah sinar matahari
4. Pori-pori melebar

Tanda-tanda penuaan dini yang lain pada kulit adalah pori-pori yang membesar. Dengan bertambahnya usia pada seseorang, pori-porinya akan semakin besar karena  penumpukan kulit mati. Untuk mengatasi pori-pori yang membersar ini bisa dilakukan dengan melakukan perawatan kulit yang optimal untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati.

Cara Mengatasi Dan Mencegah Rambut Rontok

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Rambut Rontok

tips mengatasi rambut rontok

Kali ini saya ingin saya akan membahas mengenai tips mengatasi rambut rontok, secara alami. Saya yakin banyak sekali orang yang mengalami rambut rontok mungkin anda adalah salah satunya.

Sebelumnya saya akan membahas mengenai apa penyebab terjadinya rambut rontok terlebih dahulu. Rambut rontok biasanya disebabkan karena timbunan lemak dibawah permukaan kulit, sehingga berpengaruh pada pertumbuhan rambut.

Setelah anda tahu penyebab rambut rontok yang sudah saya tulis diatas, kemudian pasti anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah  Obat Tradisional yang bisa membantu anda mengatasi rambut rontok:

Bahan-bahan:

– Buah Asam Jawa yang sudah tua (secukupnya)

– Air Putih (secukupnya)

Cara Pemakaian:

Campurkan Asam Jawa dan Air putih. Kemudian aduk hingga rata. Urut bagian kepala dengan menggunakan ramuan yang sudah dibuat tersebut. Setelah selesai, cuci kepala anda dengan air bersih

Itulah cara singkat untuk mengatasi rambut rontok hanya dengan menggunakan ramuan tradisional. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mengalami permasalahan ini.

 

Baca Juga :

Cara Merawat Kuku

Nutrisi Terbaik Bagi Ibu Hamil

Penyakit Paru-paru Basah

Gejala Penyakit Kanker Otak

Cara Diet Cepat

Rambut Emo

Cara membuat Gaya Rambut Emo Yang Sederhana

gaya rambut emo

Apakah anda  ingin memiliki rambut emo? Nah ini dia hasil pencarian mengenai Gaya, Model, Fashion Rambut Emo buat Cewek Terbaru. Untuk menghasilkan gaya rambut seperti emo , rambut anda harus panjang agar mudah dalam prosesnya. Itulah makanya cewek lebih gampang meniru gaya rambut emo karena wanita memiliki rambut yang panjang.

Sebelum membuat rambut model Emo cewe cewek harus memperhatikan bangs rambu. ‘bangs’ adalah rambut diantara mata dan telinga. Nah bagaimana cara membuat rambut ( memotong, memangkas ) seperti emo cukup sederhana. Ikuti instruksinya:

 

Panjangkan Rambut bagian belakang sampai dibawah telinga, terserah panjangnya yang penting dibawah telinga.

 Poni jangan terlalu panjang, sebab akan susah diatur walaupun dicatok.

Potong bangs dengan panjang bisa lebih pendek ataupun lebih panjang dari rambut belakang & samping telinga serta lebih panjang dari poni.

Jangan lupa diseset bagian ujung rambut, terutama sebagian rambut bagian belakang, tapi tidak terlalu tipis-tipis

Lakukan perawatan secara rutin

Dikutip dari : http://aveganteng.wordpress.com/2009/07/11/buat-cewek-yang-pingin-rambut-emo/

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

bahaya rokok

Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan oleh banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Banyak penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin.

Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari secondhand-smoke, yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok, atau biasa disebut juga dengan perokok pasif.

DAMPAK PARU-PARU

Merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa membesar (hipertrofi) dan kelenjar mucus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru, terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli.

Akibat perubahan anatomi saluran napas, pada perokok akan timbul perubahan pada fungsi paru-paru dengan segala macam gejala klinisnya. Hal ini menjadi dasar utama terjadinya penyakit obstruksi paru menahun (PPOM). Dikatakan merokok merupakan penyebab utama timbulnya PPOM, termasuk emfisema paru-paru, bronkitis kronis, dan asma.

Hubungan antara merokok dan kanker paru-paru telah diteliti dalam 4-5 dekade terakhir ini. Didapatkan hubungan erat antara kebiasaan merokok, terutama sigaret, dengan timbulnya kanker paru-paru. Bahkan ada yang secara tegas menyatakan bahwa rokok sebagai penyebab utama terjadinya kanker paru-paru.

Partikel asap rokok, seperti benzopiren, dibenzopiren, dan uretan, dikenal sebagai bahan karsinogen. Juga tar berhubungan dengan risiko terjadinya kanker. Dibandingkan dengan bukan perokok, kemungkinan timbul kanker paru-paru pada perokok mencapai 10-30 kali lebih sering.

PENYAKIT JANTUNG KORONER

Merokok terbukti merupakan faktor risiko terbesar untuk mati mendadak.

Risiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang diisap. Penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko merokok bekerja sinergis dengan faktor-faktor lain, seperti hipertensi, kadar lemak atau gula darah yang tinggi, terhadap tercetusnya PJK.

Perlu diketahui bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung koroner berkurang dengan 50 persen pada tahun pertama sesudah rokok dihentikan. Akibat penggumpalan (trombosis) dan pengapuran (aterosklerosis) dinding pembuluh darah, merokok jelas akan merusak pembuluh darah perifer.

PPDP yang melibatkan pembuluh darah arteri dan vena di tungkai bawah atau tangan sering ditemukan pada dewasa muda perokok berat, sering akan berakhir dengan amputasi.

PENYAKIT (STROKE)

Penyumbatan pembuluh darah otak yang bersifat mendadak atau stroke banyak dikaitkan dengan merokok. Risiko stroke dan risiko kematian lebih tinggi pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok.

Dalam penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Inggris, didapatkan kebiasaan merokok memperbesar kemungkinan timbulnya AIDS pada pengidap HIV. Pada kelompok perokok, AIDS timbul rata-rata dalam 8,17 bulan, sedangkan pada kelompok bukan perokok timbul setelah 14,5 bulan. Penurunan kekebalan tubuh pada perokok menjadi pencetus lebih mudahnya terkena AIDS sehingga berhenti merokok penting sekali dalam langkah pertahanan melawan AIDS.

Kini makin banyak diteliti dan dilaporkan pengaruh buruk merokok pada ibu hamil, impotensi, menurunnya kekebalan individu, termasuk pada pengidap virus hepatitis, kanker saluran cerna, dan lain-lain. Dari sudut ekonomi kesehatan, dampak penyakit yang timbul akibat merokok jelas akan menambah biaya yang dikeluarkan, baik bagi individu, keluarga, perusahaan, bahkan negara.

Penyakit-penyakit yang timbul akibat merokok mempengaruhi penyediaan tenaga kerja, terutama tenaga terampil atau tenaga eksekutif, dengan kematian mendadak atau kelumpuhan yang timbul jelas menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan. Penurunan produktivitas tenaga kerja menimbulkan penurunan pendapatan perusahaan, juga beban ekonomi yang tidak sedikit bagi individu dan keluarga. Pengeluaran untuk biaya kesehatan meningkat, bagi keluarga, perusahaan, maupun pemerintah.

SISTIM REPRODUKSI

Studi tentang rokok dan reproduksi yang dilakukan sepanjang 2 dekade itu berkesimpulan bahwa merokok dapat menyebabkan rusaknya sistim reproduksi seseorang mulai dari masa pubertas sampai usia dewasa

Pada penelitian yang dilakukan Dr. Sinead Jones, direktur The British Medical Assosiation’s Tobacco Control Resource Centre, ditemukan bahwa wanita yang merokok memiliki kemungkinan relatif lebih kecil untuk mendapatkan keturunan.

pria akan mengalami 2 kali resiko terjadi infertil (tidak subur) serta mengalami resiko kerusakan DNA pada sel spermanya. Sedangkan hasil penelitian pada wanita hamil terjadi peningkatan insiden keguguran. Penelitian tersebut mengatakan dari 3000 sampai 5000 kejadian keguguran per tahun di Inggris, berhubungan erat dengan merokok.

120.000 pria di Inggris yang berusia antara 30 sampai50 tahun mengalami impotensi akibat merokok. Lebih buruk lagi, rokok berimplikasi terhadap 1200 kasus kanker rahim per tahunnya.

Dikutip dari berbagai sumber

Baca Juga :

Penyakit Paru-paru Basah

Nutrisi Terbaik Bagi Ibu Hamil

Tips Menaikkan Berat Badan

Cara Diet Cepat

Cara Mengecilkan Paha

Cara Merawat Kuku

Cara Merawat Kuku Yang Baik

cara merawat

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terlupakan dalam melakukan perawatan tubuh. banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon untuk melakukan perawatan kuku.

Simak beberapa cara merawat kuku yang baik dibawah ini :

  1. Bagi yang suka mewarnai kuku,jangan lupa menghapus semua bekas cat kuku yang tersisa di kuku dengan kapas kecantikan yang dibasahi cairan penghapus cat kuku.berikan perhatian khusus pada sudut-sudut kuku,tempat larik-larik cat kuku biasanya masih tertinggal.
  2. Rendam tangan dalam panci air sabun hangat yang dibubuhi sedikit garam.
  3. Pijatkan krim pelembab ke kutikula(kulit ari di sekeliling tepi kuku),seluruh kuku,hingga sendi pertama jemari tangan.
  4. Dorong atau tekan kutikula dengan cuticle stick.
  5. Bersihkan semua kuku satu per satu dengan sikat yang lembut.
  6. Potong kuku secara rapi sesuai panjang yang diinginkan.
  7. Kikir kuku hingga halus agar tidak mudah sobek dan menyerpih.Gunakan sisi yang kasar dari kikir kuku untuk mengurangi ukuran kuku,dan sisi yang halus untuk membentuk dan menghaluskan ujung-ujung kuku
  8. Gunting kutikula yang liar dengan cuticle cuter (alat pemotong kutikula).Anda juga bisa mengoleskan cairan pembersih kutikula (cairan berbahan dasar alkalin yang dibubuhi suatu bahan pelembab) ke kuku untuk lebih melunakkan sel-sel kulit mati yang terkumpul di sekeliling lekuk-lekuk kuku.
  9. Singkirkan kotoran yang ada di bawah ujung kuku.Ganti air di panci dan tambahkan beberapa tetes larutan antiseptik.
  10. Oleskan hand cream dan pijat sekujur tangan untuk menyingkirkan  sel-sel kulit yang kering atau lepas.Ini akan memperbaiki sirkulasi dan memungkinkan tangan menjadi kencang dan lembut ketika di sentuh.Setelah itu,bungkus tangan dengan handuk lembut yang dibasahi air hangat dan rileks

Dikutip dari berbagai sumber

Cara Mengobati Masuk Angin

Cara Mudah Mengobati Masuk Angin

mengatasi masuk angin

Siapa yang tidak pernah masuk angin??…saya yakin semua orang pernah mengalami yang namanya masuk angin. Tapi tahukah anda bahwa didalam dunia medis, tidak dikenal istilah masuk angin. Padahal banyak sekali produk-produk obat masuk angin yang beredar. Mungkin didunia medis ada istilah sendiri mengenai masuk angin.

Orang yang mengalami masuk angin biasanya akan mengalami perut kembung, mual dan nyeri. Selanjutnya susah buang angin dan susah bersendawa. Jika anda mengalami seperti yang disebutkan sebelumnya bisa dipastikan itu masuk angin. Ada satu hal yang harus diwaspadai mengenai masuk angin yaitu angin duduk. Jika terasa sesak dan nyeri didada itu adalah gejala angin duduk. Segera lakukan pengobatan jika tidak akan berakibat fatal.

Penyebab utama masuk angin itu dikarenakan pola makan yang tidak teratur. Untuk mencegahnya mulailah mengatur pola makan yang baik serta minum vitamin yang bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda termasuk orang yang sering keluar malam gunakanlah jaket yang tebal untuk melindungi tubuh dari masuk angin.

Jika sudah terlanjur masuk angin, jangan minum minuman dingin. lebih baik minum wedang jahe atau minuman hangat lain. Boleh juga minum jamu atau obat masuk angin,  tetapi perhatikan dosis pemakainnya. Olesi bagian perut dan pinggang dengan minyak kayu putih. Kerokan juga bisa menjadi alternatif. Tapi hati-hati. Tekanan yang terlalu kencang bisa menyebabkan kulit iritasi.

Itulah informasi singkat mengenai cara mengobati masuk angin. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :

Manfaat Minum Air putih

Tips Memutihkan Kulit

Nutrisi Terbaik Bagi Ibu Hamil

6 Nutrisi Terbaik Bagi Ibu Hamil

vitamin untuk ibu hamil

Menjaga pola makan sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dirinya dan janin yang di dalam kanduangan. Jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat maka dikhawatirkan bayi yang ada dalam kandungan akan lahir secara tidak sehat. Perhatikan apakah vitamin dan mineralnya sudah cukup atau tidak.

Nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan antara lain:

1. Protein           : Untuk memproduksi sel-sel darah.

2. Karbohidrat : Sebagai sumber energi tubuh  sehari-hari.

3. Kalsium         : Untuk membantu pertumbuhan si jabang bayi.

4. Zat besi         : Untuk membantu  proses produksi sel-sel darah merah, dan juga berfungsi                                untuk mencegah anemia.

5. Asam folik     : Menurut ahli kesehatan, wanita hamil yang kekurangan asam folik sangat                              risikonya mengalami keguguran

6. Lemak           : Bermanfaat untuk cadangan energi tubuh, agar tubuh tidak cepat merasa lelah.

NUTRISI PENTING SELAMA HAMIL

Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat – terutama perkembangan otak dan susunan syaraf — dan membutuhkan asupan gizi yang optimal.
Nutrisi yang diperlukan adalah:

1. Karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori    dapat diperoleh dari serealia, umbi-umbian.

2. Protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan,    telur dan kacang-kacangan.

3. Mineral sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur –    sayuran.

4. Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga    sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi    secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji –    bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur    dan produk susu.

5. Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan   pembentukan tulang bayi Anda. Sumbernya    terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan    susu.

6. Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah    merah yang sehat. Makanlah lembaga biji-bijian    terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur    dan sayuran hijau.

7. Asam folat berguna untuk perkembangan sistem    saraf dan sel darah, banyak terdapat pada    sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam,    kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan,    asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel    dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari,    terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat    mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf    pusat maupun otak janin.

8. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia, banyak    terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun    pepaya), daging dan hati.

9. Kalsium, diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi    janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis Jika    kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka    kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu.

Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau dan   kacang-kacangan. Saat ini kalsium paling baik    diperoleh dari susu serta produk olahannya. Susu juga    mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D, B2,    B3, dan vitamin C.

Sumber : Kompas Cyber Media 21 September 2006

 

Baca Juga :

Penyakit Gula

Cara Diet Cepat

Cara Menguruskan Badan

Tips Memutihkan Kulit

Tips Mengecilkan Perut

 

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.